Laporan Metodologi Penelitian Sistem Informasi Pemesanan Ayam Broiler Berbasis Website

Assalamu'alaikum...
Di tulisan saya kali ini, saya akan membagikan contoh laporan metodologi penelitian Sistem Informasi.
Judul yang saya ambil pada mata kuliah Metodologi Penelitian adalah "Sistem Informasi Pemesanan Ayam Broiler Berbasis Website"
Kalau di kampus saya mata kuliah ini diambil waktu Semester 1 mungkin berbeda kalau di kampus lainnya.
Dalam laporan saya meliputi Pendahuluan, Landasan Teori, Analisa Perancangan dan Implemetasi.

Oke langsung saja, contoh laporan Metodologi Penelitian saya



RINGKASAN


Laporan penelitian dengan judul “Sistem Informasi Pemesanan Ayam Broiler Berbasis Website” telah dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan suatu sistem informasi untuk mempermudah dan mempercepat sistem pemesanan ayam broiler dan mempermudah mendapatkan informasi seperti mengecek harga ayam broiler atau pun mengenai pemesanan ayam broiler. Dalam sistem yang telah berjalan ditemukan beberapa masalah, antara lain pemesanan masih dengan cara yang manual yaitu dengan datang langsung ketempat penjual ayam broiler.

Sistem ini dirancang dengan menggunakan pemodelan UML. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, dan database MySQL.

Hasil dari rancang bangun ini adalah  website Sistem Informasi Pemesanan Ayam Broiler yang berguna untuk pemesanan ayam broiler.
Kata kunci : Sistem Informasi, Pemesanan Ayam Broiler, PHP, Website.



BAB 1

PENDAHULUAN



1.                   LATAR BELAKANG MASALAH



Perubahan jaman telah mendorong manusia untuk selalu berkembang, tidak terkecuali dengan dunia teknologi informasi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknologi computer menjadi suatu hal yang lumrah dewasa ini. Komputer merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi. Hampir disetiap bidang aspek kehidupan telah menggunakan computer sebagai alat bantu kerja. Tidak terkecuali dengan internet, internet merupakan jaringan computer secara global yang dapat menghubungkan seluruh pengguna computer dengan jaringan ke seluruh dunia untuk melakukan penggalian dan pertukaran informasi secara tepat dan akurat.

            Menyikapi persaingan yang semakin kompetitif pada setiap bisnis, memunculkan ide untuk memadukan antara teknologi informasi dengan bisnis. Pemesanan berbasis website menggambarkan cakupan yang luas mengenai teknologi informasi, proses dan praktek dalam transaksi bisnis online tanpa menggunakan alat trnsaksi manual.

            Dengan menggunakan pemesanan berbasis website, perusahaan dapat memasarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen dengan jangkauan ke seluruh dunia, sehingga dari segi bisnis merupakan peluang yang baik untuk memperluas pangsa pasar dari produk atau jasa yang ditawarkan.

            Ayam Broiler atau yang disebut juga ayam ras pedaging (broiler) adalah jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memilki daya produktivitas tinggi. Permintaan konsumen ayam pedaging jumlahnya selalu meningkat dari waktu ke waktu. Selain produknya dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat, harganya pun yang relative terjangkau bila dibandingkan dengan harga jenis daging lainnya.Sehingga pemesanan ayam pedaging sedikit terhambat dengan jumlah permintaan konsumen yang selalu meningkat.

Berdasarkan keadaan dan permasalahan tersebut, maka penulis mengajukan penelitian dengan judul “Sistem Informasi Pemesanan Ayam Broiler Berbasis Website”. Dengan menggunakan judul tersebut penulis bermaksud membangun sistem informasi berupa website yang diharapkan mampu menjadikan sistem pemesanan ayam broiler ini menjadi lebih efektif, esien, cepat dan akurat.



2.                  Rumusan Masalah

Pentingnya pengelolaan pemesanan yang baik dan akurat diharapkan dapat memberikan acuan sebagai sarana untuk mengoptimalkan pemesanan tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan dan riset, penulis mendapat beberapa masalah yang sering terjadi yaitu :

                    I.      Bagaimana mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam pemesanan ayam broiler?

                 II.      Bagaimana mengurangi keterlambatan pembelian ayam broiler dikarenakan data-data yang diterima kurang tepat?

              III.      Bagaimana cara mempermudah pelanggan jika ingin memesan ayam broiler?

3.                  Batasan Masalah

Agar pembahasan tidak meluas dan tidak menimbulkan terjadinya penyimpangan permasalahan yang ada maka penulis membatasi permasalahan sebagai berikut :

1.      Sistem dirancang menyesuaikan teknologi website.

2.      Pembangunan sistem informasi pemesanan ayam broiler ini ditekankan pada proses pemesanan ayam dan harga yang tercantum.

3.      Pengunjung dapat mendaftar sebagai pelanggan, untuk melakukan transaksi pembelian dan pemesanan ayam broiler.

4.      Pemberitauan bukti pengiriman dan keluhan pelanggan berbasis web.

5.      Pemesanan hanya dapat dilayani untuk daerah setempat guna menjaga kualitas ayam broiler.

4.                  Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :

1.      Merancang/membuat suatu sistem pemesanan yang berbasis computer/web secara sistematis, tepat, cepat dan akurat.

2.      Dapat merancang sebuah aplikasi yang dapat mengurangi kesalahan maupun ketidaktepatan dalam hal pemesanan.

3.      Merancang aplikasi yang dapat membantu dalam hal menghasilakan laporan pemesanan dan pembayaran yang lebih tepat dan akurat.

4.      Mampu memberikan kepuasan pada pelanggan.

5.                  Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan suatu rancangan sistem untuk aplikasi sistem informasi mengenai sistem pemesanan pada ayam broiler yang akurat, serta memudahkan dalam hal pemesanan dan pembayaran ayam broiler bagi pelanggan.

6.                  Tinjauan Pustaka

Menurut Tri, Utari, (2013), dalam skripsinya yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Makanan Untuk Catering” menerangkan bahwa dengan adanya banyak catering yang sekarang ada, kebutuhan pelayanan pelanggan yang serba cepat, pratis dan efisien juga meningkat. Oleh karenanya diperlukan suatu sistem yang dapat menunjang dalam upaya peningkatan pelayanan, salah satu factor yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan adalah sistem teknologi komputerisasi dan website. Dengan adanya aplikasi pemesanan makanan yang menggunakan website, diharapkan efisensi pelayanan, dan sebagai media promosi dapat ditingkatkan.



Menurut Yudhiharti, (2013), dalam skripsinya yang berjudul “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Pemesanan Lapangan Futsal Di Intan Sport Kudus Berbasis Sms Gateway”. Dalam skripsi tersebut menjelaskan tentang sistem rancangan program, pemesanan lapangan futsal melalui sms gateway, pengelolaan data lapangan, data jadwal, dan data pembayaran sehingga informasi lebih cepat diperoleh.

Menurut Sofiyah, Noor, (2013), dalam skripsinya yang berjudul “Aplikasi Order Delivery Pada Rumah Makan Nasuky Mubarok Berbasis Web”. Dalam skripsi tersebut menjelaskan bahwa pada rumah makan Nasuky Mubarok pemesanan masih dilakukan dengan manual yaitu dengan memakai layanan SMS. Kesulitan pelanggan dalam memilih dan melihat langsung informasi produk menjadi sulit dan tidak akurat. Oleh karena itu dibuatkan sistem berbasis web yang menggunakan bahasa pemrograman berupa PHP, dan database MySQL.


7.                  Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang benar-benar akurat, relevan dan valid maka penulis mengumpulkan data dengan cara :

1.      Sumber Data Primer

Adalah data yang diperoleh secara langsung dari pihak instansi baik pengamatan maupun pencatatan terhadap objek penelitian yang meliputi:

a.       Observasi

Yaitu pengumpulan data dengan tanya jawab secara langsung pada bagian perusahaan tersebut.

b.      Wawancara

Yaitu mengumpulkan data melalui tahap muka secara langsung dengan pihak perusahaan



2.      Sumber Data Sekunder

Adalah data yang diambil secara tidak langsung dari objek penelitian. Data ini diperoleh dari buku, dokumentasi, dan literatur-literatur.

Meliputi :

a.       Studi Kepustakaan

Pengumpulan data dari buku-buku yang sesuai dengan tema permasalahan. Misalnya, pengumpulan teori-teori mengenai analisa perancangan sistem.

b.      Studi Dokumentasi

Pengumpulan data dari literature-literatur dan dokumentasi dari Internet, diktat, dan sumber informasi lain

8.      Metode Pengembangan Sistem

Konsep yang diterapkan dalam tahap perancangan Sistem Informasi Pemesanan Ayam Broiler Berbasis Web adalah dengan menggunakan pengembangan sistem model Waterfall. Model ini telah diperoleh dari proses engineering. Model ini menawarkan cara pembuatan perangkat lunak secara lebih nyata.

Waterfall model merupakan salah satu model proses perangkat lunak yang mengambil kegiatan proses dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi, dan evolusi, dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti analisis dan definisi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian unit, integrasi sistem , pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan (Sommerville, 2003).

Langkah-langkah yang penting dalam model ini adalah :

1.      Penentuan dan analisi spesifikasi

Jasa, kendala dan tujuan dihasilkan dari konsultasi dengan pengguna sistem. Kemudian semua itu dibuat dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh user dan staf pengembang.

2.      Desain sistem dan perangkat lunak

Proses desain sistem membagi kebutuhan-kebutuhan menjadi sistem perangkat lunak atau perangkat keras. Proses tersebut menghasilkan sebuah arsitektur sistem keseluruhan. Desain perangkat lunak termasuk menghasilkan fungsi sistem perangkat lunak dalam bentuk yang mungkin ditransformasi ke dalam satu atau lebih program.

3.      Implementasi dan uji coba unit

Selama tahap ini desain perangkat lunak disadari sebagai sebuah program lengkap atau unit program. Uji unit termasuk pengujian bahwa setiap unit sebagai spesifikasi.
          4.      Integrasi dan uji coba sistem

Unit program diintegrasi dan diuji menjadi sistem yang lengkap untuk menyakinkan bahwa persyaratan perangkat lunak telah dipenuhi. Setelah uji coba, sistem disampaikan ke costumer.


         5.      Operasi dan pemeliharaan

Normalnya, ini phrase yang terpanjang. Sistem di pasang dan digunakan. Pemeliharaan termasuk pembetulan kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan implementasi unit sistem dan peningkatan jasa sistem sebagai kebutuhan baru ditemukan.

9. SISTEMATIKA PENULISAN
Penulisan laporan Tugas Akhir ini terdiri dari lima bab dimana untuk masing-masing bab terdiri dari subbab-subbab berserta penjelasannya. Adapun bab-bab tersebut adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pendahuluan memberikan uraian mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan laporan penelitian, manfaat laporan penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini dilakukan penyusunan mengenai uraian tentang teori-teori atau definisi-definisi yang berhubungan dengan permasalahan. Teori-teori tersebut diambil dari literature-literatur, dokumentasi, serta informasi-informasi dari berbagai pihak.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini berisi analisis dan perancangan sistem yang akan dibangun.
 BAB IV IMPLEMENTASI
Bab ini akan dibahas mengenai proses pembuatan program dan implementasi.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan yang didapatkan dari hasil pembahasan, berikut saran saran yang berkaitan dengan penggunaan dan pengembangan aplikasi di masa yang akan datang.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1  Pengertian Sistem
Menurut Al-Bahra Bin Ladjamudin (2005:1) agar lebih mudah memahami apa dan bagaimana sistem, akan digunakan dua pendekatan, yaitu :
1.      Pendekatan Prosedur
Pemahaman sistem dengan pendekatan prosedur, yaitu suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
2.      Pendekatan Komponen atau Elemen
Pemahaman sistem dengan pendekatan komponen atau elemen, yaitu kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
2.2.  Pengertian Informasi
            Menurut Gordon. B. Davis adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi penerimanya untuk mengambil keputusan masa kini maupun masa yang akan datang. Informasi mempunyai ciri benar atau salah, baru, tambahan, dan korektif (Al-Bahra Bin Ladjamudin : 2005).
            Sumber dari Informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan yang nyata. Data merupakan bentuk yang masih mentah, sehingga perlu diolah. Data diolah melalui suatu metode untuk mengahasilkan informasi.
            Untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi penerimanya, perlu dijelaskan bagaimana siklus yang terjadi atau dibutuhkan dalam menghasilkan informasi. Adapun siklus informasi atau siklus pengolahan data sebagai berikut.

2.3 Pengertian Sistem Informasi
            Sistem informasi adalah sebuah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
            Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan istilah blok bangunan, yang saling berinteraksi satu dengan lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasaran. Blok bangunan tersebut yaitu :
a.       Blok Masukan (input block)
b.      Input mewakili data yang masukkedalam sistem informasi. Yang dimaksud input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan yang dapat berupa dokumen.
c.       Blok Model (model blok)
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
d.      Blok Keluaran (output block)
Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentas yang berguna untuk semua tingkatan menejemen serta semua pemakai sistem.

e.       Blok Teknologi (technology block)
Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data , menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
f.        Blok Basis Data ( database block)
Basis data merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan perangkat lunak digunakan untuk memanipulasinya.
g.      Blok Kendali (control block)
Beberapa pengendali perlu dirancang dan diterapkan untuk menyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dicegah dan bila terlanjur terjadi maka kesalahan-kesalahan dapat dengan cepat diatasi.
2.4  Pengertian Aplikasi
            Penggunaan dalam suatu computer, intruksi (instruction) atau pernytaan (statement) yang disusun dsedemikian rupa sehingga computer dapat memproses input menjadi output (Jogiyanto,2005)
2.5  Pengertian Pemesanan
            Dalam Kamus Bahasa Indonesia, Pemesanan adalah proses, pembuatan, cara memesan atau memesankan.
2.6  Pengertian Pemasaran
           Menurut Philip Kotler pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi dan keinginan melalui proses pertukaran.
            Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembelian potensial.
2.8 UML (Unified Modelling Language)
            UML (Unified Modelling Language) merupakan sistem arsitektur yang bekerja dalam OOAD dengan satu bahasa yang konsisten untuk menentukan visualisasi, mengkonstruksi, dan mendokumentasikan artifact yang terdapat dalam sistem software.
            UML merupakan keluarga notasi grafis yang didukung oleh metode tunggal, yang membantu pendeskripsian dan desain sistem perangkat lunak, khususnya sistem yang dibangun menggunakan pemrograman berorientasi objek (OO). Definisi ini merupakan definisi yang sederhana. Pada kenyataanya, pendapat orang-orang tentang UML berbeda satu sama lain. Hal ini dikarenakan oleh sejarahnya sendiri dan oleh perbedaan persepsi tentang apa yang membuat sebuah proses rancang bangun perangkat lunak efektif.
            Bahasa pemodelan grafis telah ada di industry perangkat lunak sejak lama. Pemicu utama di balik semuanya adalah bahwa bahasa pemrograman berada pada tingkat abstraksi yang tidak terlalu tinggi untuk memfasilitasi diskusi tentang desain.
            Untuk membuat model UML memiliki diagram grafis sebagai berikut :
a.      Usecase Diagram
Usecase Diagram menjelaskan manfaat sistem jika dilihat menurut pandangan orang yang berada diluar sistem (actor). Diagram ini menunjukkan fungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem berinteraksi dengan dunia luar.
b.     Class Diagram
Class Diagram memperlihatkan hubungan antar kelas dan penjelasan detail tiap-tiap kelas didalam model desain dari suatu sistem.
c.   Sequence Diagram
Sequence Diagram menjelaskan interaksi objek yang disusun dalam suatu urutan waktu. Sequence diagram memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu didalam usecase. Tipe diagram ini sebaiknya digunakan diawal tahap desain atau analisis karena kesederhanaannya dan mudah untuk dimengerti.
d. Activity Diagram
  
Activity Diagram memodelkan alur kerja (workflow) sebuah urutan bisnis dan urutan aktivitas dalam suatu proses. Diagram ini sangat mirip dengan sebuah flowchart karena kita dapat memodelkan sebuah alur kerja dari suatu aktivitas lainnya atau dari satu aktivitas ke keadaan sesaat (state). Juga sangat berguna ketika ingin menggambarkan perilaku paralel atau menjelaskan bagaimana perilaku dalam berbagai usecase berinteraksi.
e. Statechart Diagram
Statechart Diagram memperlihatkan urutan keadaan sesaat (state) yang dilalui sebuah objek. Kejadian yang menyebabkan sebuah transisi dari satu state atau aktivitas kepada yang lainnya, dan aksi yang menyebabkan perubahan satu state atau aktivitas. Statechart diagram khususnya digunakan untuk memodelkan tahap-tahap diskrit dari siklus hidup objek, sedangkan activity diagram paling cocok digunakan untuk memodelkan urutan aktivitas dalam suatu proses.
2.9 Teori Perancangan Database
            Database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya, tersimpan disimpanan luar computer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. Perancangan database bertujuan menjamin semua info data yang diperlukan dalam organisasi meniadakan rangkap data, mengusahakan banyaknya relasi database tentunya kita memberikan alat handal dan mempresentasikan data dan mengoptimalkan database. Alat yang digunakan untuk mempresentasikan data adalah ERD (Entity Relationship Diagram) dan alat mengoptimalkan rancangan database adalah normalisasi.

2.10 ERD (Entity Relationship Diagram)
            ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak. Jadi, jelaslah ERD ini berbeda dengan DFD yang merupakan suatu model jaringan fungsi yang akan dilakukan oleh sistem, sedangkan ERD merupakan model jaringan dengan menekankan pada struktur-struktur relationship data.
            Biasanya ERD ini digunakan oleh professional sistem untuk berkomunikasi dengan pemakai eksekutif tingkat tinggi dalam suatu organisasi. ERD juga menguntungkan bagi professional sistem, karena ERD memperlihatkan hubungan antar data store pada DFD. Hubungan ini, tidak terlihat pada DFD, karena DFD hanya memusatkan perhatian pada fungsi-fungsi sistem bukan pada yang dibutuhkan.
            Diagram hubungan entitas atau yang lebih dikenal dengan sebutan E-R diagram, adalah notasi grafik dari sebuah model data atau sebuah model jaringan yang menjelaskan tentang data yang tersimpan (storage data) dalam sistem secara abstrak. Diagram hubungan entitas tidak menyatakan bagaimana memanfaatkan data, membuat data, mengubah data, dan menghapus data.  
            Elemen-elemen diagram hubungan entitas antara lain :
1.            Entity
         Entity adalah sesuatu apa saja yang ada didalam sistem, nyata maupun abstrak dimana data tersimpan atau dimana terdapat data.
2.             Relationship
          Relationship adalah hubungan yang terjadi antara satu atau lebih entity.
3.             Relationship Degree
          Relationship degree adalah jumlah entitas yang berpartisipasi dalam satu relationship. Misalnya : Unary Relationship, Binary Relationship, Ternary Relationship.
4.             Atribut
          Atribut adalah karakteristik dari entity atau relationship yang menyediakan penjelasan detail tentang entity atau relationship tersebut.
5.             Kardinalitas
           Kardanalitas adalah batasan keterhubungan satu entity dengan entity lainnya.

3.1  Analisa Sistem Yang Anda Bangun
3.1.1        Analisa kebutuhan data dan informasi
            Untuk membangun sebuah sistem dibutuhkan adanya masukan berupa data yang nantinya akan diproses oleh sistem sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada penggunanya. Kebutuhan data dan informasi untuk Aplikasi Pemesanan Ayam Broiler Berbasis WEB adalah :
a.       Kebutuhan Data
Data yang diperlukan antara lain :
1.      Data Ayam Broiler
2.      Data konsumen
3.      Data kurir
4.      Data pesanan
5.      Data pengiriman pesanan
b.      Informasi
Informasi yang dihasilkan antara lain :
1.      Informasi ayam broiler
2.      Informasi konsumen
3.      Informasi kurir
4.      Informasi pesanan
5.      Informasi pengiriman pesanan
3.1.2        Analisa kebutuhan perangkat keras
Dalam mencapai sistem yang diusulkan, agar dapat menghasilkan output seperti yang diharapkan, maka perlu diperhatikan dalam pemilihan hardware dengan spesifikasi antara lain :
a.       Monitor, segala bentuk merek. Disarankan yang berwarna dan mampu berresolusi 1024 X 800 pixcel.
b.      CPU (Central Processing Unit)
c.       Input device. Terdiri dari keyboard dan  mouse
d.      Modem untuk konektivitas internet

3.1.3        Analisa kebutuhan perangkat lunak
 Windows XP Profesional
a.       MySQL sebagai database
b.      Macromedia Dreamweaver 8
c.       Xampp
d.      Mozilla Firefox
3.2     Perancangan Sistem
            Pada tahap ini, yang dilakukan adalah melakukan pemodelan sistem dengan menggunakan UML, merancang database yang akan digunakan sebagai media penyimpanan data untuk sistem informasi pemesanan ayam broiler berbasis web dan merancang interface sebagai sarana interaksi antara sistem dengan pengguna sistem.
3.2.1        Use Case Diagram
Use Case Diagram menjelaskan tentang kegiatan yang dilakukan oleh actor dan sistem untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
a.       Diagram bisnis Use Case
3.2              Sistem Perancangan Basis Data
3.2.1        Entity Relationship Diagram (ERD)
Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan. ERD digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan anta data.
1.      Menentukan Entitas
Berikut ini adalah entias yang terbentuk
admin
berita
Daftar harga ayam broiler
Konsumen/kurir






Gambar 4.65 (Noor Sofiyah, Skripsi, 2013)

2.      Menentukan relasi
a.       Relasi antara admin dan konsumen/kurir
Berikut ini adalah gambar relasi antara admin dan konsumen / kurir:
admin
Konsumen/kurir
mengelola



Gambar 4.66 Relasi antara admin dan konsumen/kurir
Sumber : Noor Sofiyah, Skripsi, 2013
b.     Relasi antara admin dan daftar harga
admin
Daftar harga
mengelola
Berikut ini adalah gambar relasi antara admin dan daftar harga:


Gambar 4.67 Relasi antara admin dan daftar harga
Sumber : Noor Sofiyah, Skripsi, 2013
c.      Relasi antara admin dan berita
Berikut ini adalah gambar relasi antara admin dan berita:
admin
update
berita




Gambar 4.68 Relasi antara admin dan berita
Sumber : Noor Sofiyah, Skripsi, 2013
d.     Relasi antara konsumen dan berita
Berikut ini adalah gambar relasi antara konsumen dan berita:
Konsumen/kurir
berkomentar
berita



Gambar 4.69 Relasi antara konsumen dan berita
Sumber : Noor Sofiyah, Skripsi, 2013
e.      Relasi antara konsumen dan daftar harga
Berikut ini adalah gambar relasi antara konsumen dan daftar harga:
Konsumen/kurir
melihat
Daftar_harga



Gambar 4.70 Relasi antara konsumen dan daftar harga
Sumber : Noor Sofiyah, Skripsi, 2013
f.       Relasi antara kurir dan update transaksi
Update_transaksi
Konsumen/kurir
Berikut ini adalah gambar relasi antara kurir dan update transaksi:


Gambar 4.71 Relasi antara kurir dan update transaksi
Sumber : Noor Sofiyah, Skripsi, 2013

3.      Perancangan Database
              Dari hasil class diagram yang telah terbentuk, akan ditentukan table-table yang akan digunakan dalam aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Ayam Broiler Berbasis WEB
Perancangan database yang dikembangkan sebagai berikut :
1.      Nama Tabel            : tb_admin
Fungsi                     : menyimpan data admin untuk melakukan login dan menggunakan
                                  sistem
Primary key            : username
Foreign key            : -
Tabel 4.38 Struktur table admin
Sumber : Noor Sofiyah,skripsi,2013

Nama field
varchar
Size
Ket
Username
varchar
20
Identitas admin
Contoh : 201553023
Password
varchar
20
Kata sandi
Contoh : order
nama
varchar
50
Nama admin
Contoh : fita choiyanti

2.      Nama Tabel            : tb_user         
Fungsi                     : menyimpan data user
Primary key            : no_ktp
Foreign key             : -





Tabel 4.39 Struktur table user
Sumber : Noor Sofiyah,skripsi,2013


Nama Field
Type
Size
Ket
No_ktp
varchar
20
Nomor Kartu Tanda Penduduk
Contoh : 3319074410960003
Nm_konsumen
Varchar
50
Nama konsumen
Contoh : fita choiyanti
Desa
Varchar
20
Nama desa konsumen
Contoh : Ngembalrejo
Rt
Varchar
3
Nomor rukun tetangga
Contoh : 004
Rw
Varchar
3
Nomor rukun warga
Contoh : 001
Tpt_lahir
Varchar
20
Kota lahir
Contoh : kudus
Tgl_lahir
Varchar

Tangal lahir
Contoh : 04-10-1996
Jekel
Varchar

Jenis Kelamin Konsumen
Contoh : Perempuan
No_hp
Varchar
15
Nomor Handphone Konsumen
Contoh : 086428808096
Foto
Varchar
30
Foto Konsumen
Contoh : fita.jpg
Tgl_daftar
Varchar

Tanggal konsumen mendaftar
Contoh : 24-11-2015
Username
varchar
20
Identitas kurir untuk login aplikasi
Contoh : fita0401
Password
Varchar
20
Password kurir
Contoh : 2015fita
Status
Varchar
20
Status user (konsumen/kurir)
Contoh : konsumen

3.      Nama table             : tb_pesan
Fungsi                     : menyimpan data pesan
Primary key            : id_pesan
Foreign key             : id_kurir
Table 4.41 struktur table pesan
Nama field
Type
Size
Ket
Id_pesan
Varchar
10
Identitas pesan
Contoh : P-002
No_ktp
Varchar
20
Nomor Kartu Tanda Penduduk
Contoh : 9826816897
Id_jenis_ayam
Varchar
10
Identitas jenis ayam
Contoh : M-002
Tgl_pesan
Date

Tanggal ketika memesan
Contoh : 25-11-2015
Tgl_kirim
Date

Tanggal yang diminta konsumen untuk melakukan delivery
Contoh : 26-11-2015
Jam_kirim
Varchar

Harga ayam yang dipesan
Contoh : 08.00
Harga
Int
20
Harga ayam
Contoh : 32.00
Jml_pesan
Varchar
10
Jumlah pesanan
Contoh : 40kg
total
Int
10
Total harga menu yang dipesan
Contoh : 1.000.000
Sumber : nor sofiyah, halaman 75 (2013)

4.      Nama table             : tb_update
Fungsi                     : menyimpan data update transaksi
Primary key            : -
Foreign key             :
Table 4.42 struktur table update transaksi
Nama field
Type
Size
Ket
Id_update
Varchar
10
Identitas update transaksi
Contoh : U-001
Id_pesan
Varchar
10
Identitas Pesan
Contoh : P-001
No_ktp
Varchar
20
Nomor Kartu Tanda Penduduk
Contoh : 928157302
Tgl
Date

Tanggal ketika ayam dikirim
Contoh : 26-11-2015
Jam
Time

Jam ketika menu dikirim
Contoh : 08.00
Jumlah
Int
10
Total harga ayam yang dipesan
Contoh : 1.000.000
Sumber : Noor Sofiyah, halaman 76 (2013)

5.      Nama table             : tb_berita
 Fungsi                    : menyimpan data berita
Primary key            : id_berita
Foreign key             :
Table 4.43 Struktur table berita
Nama field
Type
Size
Ket
Id_berita
Varchar
10
Identitas berita
Contoh : B-002
Judul_berita
Varchar
20
Judul berita
Contoh : Harga Ayam menurun
Isi
longtext

Isi berita
Contoh : Harga ayam sedang menurun
Sumber : Noor Sofiyah, halaman 76 (2013)

6.      Nama table             : tb_komentar
 Fungsi                    : menyimpan data komentar
Primary key            : -
Foreign key             : nm_konsumen

Table 4.44 struktur table komentar
Nama field
Type
Size
Ket
No_ktp
varchar
20
Nomor Kartu Tanda Penduduk
Contoh : 97920176100
Komentar
Longtext

Komentar
Contoh : delivery tidak tepat waktu
tgl
Date

Tanggal
Contoh : 25-11-2015
Sumber : Noor Sofiyah, halaman 77 (2013)



Comments

Post a Comment

Popular Posts